Detail Berita

PERTELAAN TUGAS (JOB DESCRIPTION) BID HUMAS POLDA KALTENG

News1

PERTELAAN TUGAS (JOB DESCRIPTION)
BID HUMAS POLDA KALTENG


I.    KABID HUMAS

1.    Kabid Humas bertanggung jawab kepada Kapolda dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari berada dibawah Wakapolda

2.    Kabid Humas bertugas memimpin, membina dan mengawasi/mengendalikan serta mengevaluasi staf Bid Humas dalam melaksanakan tugas fungsi Humas.

3.    Mengajukan saran pertimbangan kepada Kapolda mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugas kehumasan dan melaksanakan tugas lain sesuai petunjuk Kapolda.

4.    Menyelenggarakan pembinaan fungsi humas di lingkungan Polda.

5.    Menyelenggarakan penerangan umum yang meliputi pengelolaan dan penyampaian informasi termasuk kerjasama / kemitraan dengan media massa berikut komponennya dalam rangka membentuk opini masyarakat bagi kepentingan pelaksanaan tugas Polri.

6.    Menyelenggarakan penerangan satuan dalam rangka pemerataan informasi di lingkungan Polri

7.    Menyelenggarakan peliputan, monitoring, produksi dan dokumentasi semua informasi / pemberitaan yang berkaitan dengan tugas Polri.

8.    Menyelenggarakan koordinasi dan kerjasama antar fungsi di dalam dan di luar polri untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

                                                         / II. PAUR ….


2

II.    PAURMINTU

1.    Paurmintu bertugas menyelenggarakan fungsi perencanaan program dan anggaran, pembinaan fungsi humas dan melaksanakan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam, termasuk administrasi personel, materiil dan keuangan serta urusan perpustakaan di lingkungan Bid Humas.

2.    Paurmintu bertugas menyelenggarakan perencanaan program dan anggaran, penyelenggaraan pendataan, analisa dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran, serta membuat laporan rutin maupun laporan khusus.

3.    Paurmintu bertugas mengkaji kinerja profesi, etika profesi, sistem dan metode kehumasan polri, menyusun kebijaksanaan dan strategi kehumasan, serta menyusun piranti lunak kehumasan.

4.    Paurmintu bertugas menyelenggarakan perencanaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian personel dan logistik di lingkungan Bid Humas.


III.    KASUBBID PUBLIKASI

1.    Kasubbid Publikasi bertugas menyelenggarakan pengelolaan dan penyampaian informasi baik di lingkungan polri maupun masyarakat, termasuk kerjasama / kemitraan dengan media massa berikut komponennya dalam rangka membentuk opini masyarakat bagi kepentingan pelaksanaan tugas polri.

2.    Kasubbid Publikasi bertugas membina hubungan organisasi secara timbal balik dengan publik internal maupun eksternal.

3.    Kasubbid Publikasi bertugas menciptakan komunikasi dua arah dengan menyebarkan informasi dari organisasi kepada publik serta menyalurkan opini publik kepada organisasi.


3

4.    Kasubbid Publikasi bertugas memberikan pelayanan kepada publik dan menyampaikan advis kepada pimpinan organisasi, demi kepentingan umum.

5.    Kasubbid Publikasi bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kabid Humas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

6.    Kasubbid Publikasi bertugas menetapkan progiat Subbid publikasi dan mengendalikan pelaksanannya guna menjamin tercapainya sasaran secara berhasil dan berdaya guna.

7.    Kasubbid Publikasi bertugas memimpin, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan tugas Subbid Publikasi serta membina disiplin, tata tertib dan kesadaran hukum di lingkungan subbid Publikasi serta bertanggung jawab kepada Kabid H umas.

A.    Kaur Penum

1.    Kaur Penum bertugas melaksanakan kegiatan penerangan umum (penum) dalam rangka membentuk opini dan kontra opini masyarakat bagi kepentingan pelaksanaan tugas polri

2.    Kaur Penum bertugas memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dan materiil di lingkungan urusan penerangan umum (penum) guna meningkatkan kemampuan operasional organisasi.

3.    Kaur Penum bertugas menyelenggarakan pembentukan dan kontra opini keluar bagi kepentingan polri, melalui kegiatan menghimpun dan mendistribusikan berita, dan pembinaan serta pelayanan pers kerjasama lintas fungsi dan lintas sektoral

4.    Kaur Penum bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasubbid Publikasi  khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.



4

5.    Kaur Penum bertugas menyelenggarakan pembentukan dan kontra opini keluar melalui menghimpun informasi, menganev berita/issue menonjol,strategi kontra opini dan propaganda.

B.    Kaur Pensat

1.    Kaur Pensat bertugas melaksanakan kegiatan penerangan satuan dalam rangka pemerataan informasi di lingkungan Polda.

2.    Kaur Pensat bertugas menyelenggarakan pembentukan dan kontra opini ke dalam melalui  lembar penerangan satuan, penerangan satuan lapangan maupun melalui sarana lain  serta kerjasama dengan fungsi terkait atau lintas sektoral.

3.    Kaur Pensat bertugas melaksanakan koordinasi dalam penyelenggaraan teknis penerangan satuan dengan fungsi-fungsi lain di lingkunagn Polri

4.    Kaur Pensat bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada kasubbid publikasi khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

5.    Kaur Pensat bertugas membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dan materiil dilingkungan Ur Pensat guna meningkatkan kemampuan operasional organisasi.

C.    Kaur Kemitraan

1.    Kaur Kemitraan bertugas melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan badan-badan kehumasan baik instansi pemerintah maupun swasta sesuai dengan ketentuan dan system pembinaan kehumasan.
 
2.    Kaur Kemitraan bertugas melaksanakan program kegiatan ur Kemitraan yang telah ditetapkan pada program Bid Humas.

/ 3. Kaur …
5

3.    Kaur Kemitraan bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasubbid Publikasi khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

4.    Kaur Kemitraan bertugas membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dan materiil di lingkungan ur kemitraan guna meningkatkan kemampuan operasional organisasi.

 D. Pamin

    1. Pamin  bertugas menyelenggarakan fungsi perencanaan program dan anggaran, pembinaan fungsi humas dan melaksanakan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam, termasuk administrasi personel, materiil dan keuangan serta urusan perpustakaan di lingkungan Subbid Publikasi.

  2. Pamin bertugas menyelenggarakan perencanaan program dan anggaran, penyelenggaraan pendataan, analisa dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran, serta membuat laporan rutin maupun laporan khusus bidang Publikasi.

     3.  Pamin bertugas mengkaji kinerja profesi, etika profesi, sistem dan metode kehumasan polri, menyusun kebijaksanaan dan strategi, serta menyusun piranti lunak kehumasan pada Subbid Publikasi.

 4.  Paurmintu bertugas menyelenggarakan perencanaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian personel dan logistik di lingkungan Subbid Publikasi.

        E. BANUM

                   1.        Banum berugas membantu Pamin  dalam menyelenggarakan fungsi perencanaan program dan anggaran, pembinaan fungsi humas dan melaksanakan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam, termasuk administrasi personel, materiil dan keuangan serta urusan perpustakaan di lingkungan Subbid Publikasi.

6

2.      Banum bertugas membantu Pamin dalam menyelenggarakan perencanaan program dan anggaran, penyelenggaraan pendataan, analisa dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran, serta membuat laporan rutin maupun laporan khusus bidang Publikasi.

3.    Banum bertugas membantu dalam pelaksanaan kegiatan penerangan umum (penum) dalam rangka membentuk opini dan kontra opini masyarakat bagi kepentingan pelaksanaan tugas polri

4.   Banum   bertugas membantu pelaksanaan  kegiatan penerangan satuan dalam rangka pemerataan informasi di lingkungan Polda Kalteng

5.    Banum bertugas membantu dalam pelaksanaan  koordinasi dan kerjasama bidang kehumasan dengan berbagai kalangan  ( lintas sektoral ) untuk menciptakan kelancaran pertukaran arus informasi serta upaya-upaya penggalangan opini publik sehingga adanya saling pengertian, percaya, maupun saling mendukung demi terbangunnya opini positif masyarakat terhadap pemerintah, negara dan bangsa.

IV.    Kasubbid Dokliput

1.      Kasubbid Dokliput bertugas menyelenggarakan peliputan, monitoring, produksi dan dokumentasi semua informasi / pemberitaan yang berkaitan dengan tugas polri.

2.    Kasubbid Dokliput bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada kabid humas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

3.    Kasubbid Dokliput bertugas menetapkan progiat bid publikasi dan mengendalikan pelaksanannya guna menjamin tercapainya sasaran secara berhasil dan berdaya guna.

4.    Kasubbid Dokliput bertugas memimpin, mengendalikan dan mengawasi pelaksanaan tugas bid dokliput serta membina disiplin, tata tertib dan
                                                                           
                                                                                                  / kesadaran …
7

kesadaran hukum di lingkungan bid dokliput serta bertanggung jawab kepada kabid humas.

5.    Kasubbid Dokliput bertugas memberi masukan kepada kasubbid Dokliput tentang hasil anev dan penelitian terhadap berita menonjol sebagai bahan penerangan yang akurat.

A.    Kaur Produk

1.    Kaur Produk bertugas melaksanakan produksi dan dokumentasi terhadap kegiatan pimpinan polri dan kegiatan polri lainnya, termasuk peliputan dan produk bantuan teknis.

2.    Kaur Produk bertugas menyelenggarakan produksi hasil dokumentasi,  peliputan dan monitoring media, produksi untuk bantuan teknis penyidikan dan kliping berita.

3.    Kaur produk bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasubbid Dokliput khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

4.    Kaur Produk bertugas membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dan materiil di lingkungan ur produk guna meningkatkan kemampuan operasional organisasi.

5.    Kaur Produk bertugas mengevaluasi kelayakan alat-alat produksi seperti camera foto, handycame, alat-alat perekam dan lain-lain.

6.    Kaur produk bertugas membuat anev dan penelitian terhadap berita menonjol yang berdampak pada citra polri.

B.    Kaur Liputan

1.    Kaur liputan bertugas melaksanakan dokumentasi kegiatan pimpinan Polri dan Kegiatan Polri lainnya serta produk bantuan teknis.


8

2.    Kaur liputan bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kasubbid Dokliput khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

3.    Kaur liputan bertugas membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dan materiil di lingkungan ur liputan guna meningkatkan kemampuan operasional organisasi.

4.    Kaur liputan melaksanakan koordinasi dan kerjasama dengan fungsi terkait sehubungan dengan kegiatan yang akan diliput.

C.    Kaur monitor

1.    Kaur monitor bertugas melaksanakan monitoring, pengkajian dan antisipasi terhadap issue aktual dan publik opini yang berkembang.

2.    Kaur Monitor bertugas menyelenggarakan penelitian serta pengkajian perkembangan opini publik yang ada di media massa.

3.    Kaur Monitor bertugas mengajukan pertimbangan dan saran kepada kasubbid dokliput khususnya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

4.    Kaur Monitor bertugas membina, memelihara dan meningkatkan kemampuan personel dan materiil di lingkungan ur monitor guna meningkatkan kemampuan operasional organisasi.


D. Pamin

    1. Pamin  bertugas menyelenggarakan fungsi perencanaan program dan anggaran, pembinaan fungsi humas dan melaksanakan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam, termasuk administrasi personel, materiil dan keuangan serta urusan perpustakaan di lingkungan Subbid Dokliput


9

 2.   Pamin bertugas menyelenggarakan perencanaan program dan anggaran, penyelenggaraan pendataan, analisa dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran, serta membuat laporan rutin maupun laporan khusus kegiatan Subbid Dokliput.

             3.  Pamin bertugas mengkaji kinerja profesi, etika profesi, sistem dan metode kehumasan polri, menyusun kebijaksanaan dan strategi, serta menyusun piranti lunak kehumasan pada Subbid Dokliput.

 4.  Pamin bertugas menyelenggarakan perencanaan, pembinaan, pengawasan dan pengendalian personel dan logistik di lingkungan Subbid Dokliput.

        E. BANUM

                   1.        Banum bertugas membantu Pamin  dalam menyelenggarakan fungsi perencanaan program dan anggaran, pembinaan fungsi humas dan

        melaksanakan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam, termasuk administrasi personel, materiil dan keuangan serta urusan perpustakaan di lingkungan Subbid Dokliput.

2.      Banum bertugas membantu Pamin dalam menyelenggarakan perencanaan program dan anggaran, penyelenggaraan pendataan, analisa dan evaluasi pelaksanaan program dan anggaran, serta membuat laporan rutin maupun laporan khusus kegiatan bidang Dokliput.

3.    Banum bertugas membantu dalam pelaksanaan dokumentasi terhadap kegiatan pimpinan polri dan kegiatan polri lainnya, termasuk peliputan dan produk bantuan teknis.

4.  Banum    bertugas  membantu  menyelenggarakan peliputan, monitoring, produksi dan dokumentasi semua informasi / pemberitaan yang berkaitan dengan tugas polri.


                                   
10
   
5.    Banum bertugas membantu dalam pelaksanaan monitoring, pengkajian dan antisipasi terhadap issue aktual dan publik opini yang berkembang.



2011-01-31 08:10:22 humas_polda_kalteng 19.00 PID POLDA KALTENG